Fitur Virtual Desktop Infrastructure

fitur-virtual-desktop-infrastructure

Di era teknologi saat ini dengan adanya virtual desktop infrastructure, fitur disediakan bisa disamakan dengan PC disediakan oleh teknologi virtual. Dengan kemampuan manajemen yang tinggi, keamanan data bisa terjaga dan dapat kita akses darimana pun dan perangkat komputer apapun. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita sebagai pengguna VDI yaitu konektivitas jaringan yang selalu diperlukan.

Fitur Apa Saja Yang Terdapat Pada Virtual Desktop Infrastructure?

Infrastruktur Desktop Virtual atau VDI memiliki beberapa fitur, yaitu sebagai berikut:

1. VDI dan Published Apps

Fitur ini memberikan karyawan fleksibilitas untuk membuat permintaan dalam mengakses aplikasi yang mereka butuhkan dari satu perangkat. Anda dapat menggunakan VDI untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan atau end user. Menjalankan semua aplikasi yang pengguna butuhkan hanya perlu dengan satu perangkat untuk mengoperasikannya.

2. Device Aware Access Management

Dengan fitur ini, hanya pengguna dan perangkat yang sesuai yang dapat mengakses ke aplikasi bisnis. Fitur ini juga dapat memantau status perangkat, informasi detail pengguna, dan memilih proses otentikasi yang benar untuk mengelola hak akses.

3. Intelligent Insight dan Automation

Fitur ini memberi perusahaan gambaran lengkap tentang seluruh informasi yang terintegrasi mengenai ruang kerja digital mereka. Dengan mengintegrasikan dan menghubungkan perangkat lunak, aplikasi, dan data pengguna serta mengantisipasi peluang bisnis baru. Perusahaan juga dapat mengurangi biaya IT, meningkatkan keamanan data, dan kemudahan pengoperasian karyawan dan pelanggan.

4. Advanced End to End Monitoring

VDI ini menyediakan solusi visualisasi dengan real time untuk memeriksa kinerja semua metrix sistem aplikasi dalam ekosistem yang kompleks. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk cepat memperbaiki masalah dan meningkatkan interaksi pengguna dengan memberitahu informasi kepada IT ketika masalah muncul.

virtual-desktop-infrastructure

Infrastruktur Desktop Virtual atau VDI, memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan model tradisional lainnya. Ini berarti bahwa komputer bekerja secara independen dari sistem operasi dan aplikasinya. Virtualisasi ini meningkatkan integritas data pengguna karena semua data disimpan, dipelihara, dikelola, dan terjaga baik serta terpusat di pusat data. Beberapa kelebihan dan kelemahan dari Infrastruktur Desktop Virtual, sebagai berikut:

Apakah Kelebihan Dari Infrastruktur Desktop Virtual?

Infrastruktur Desktop Virtual atau VDI, memiliki kelebihan yaitu sebagai berikut:
1. Terbilang lebih sederhana daripada PC konvensional.
2. Lebih hemat biaya dalam perawatan hardware serta software.
3. Memiliki kemampuan manajemen yang tinggi.
4. Menambah keamanan data.
5. Mencakup wilayah yang luas.

Apakah Kelemahan Dari Infrastruktur Desktop Virtual?

Infrastruktur Desktop Virtual atau VDI, memiliki kelemahan yaitu sebagai berikut:
1. Resiko dalam keamanan data jika tidak dikelola secara baik.
2. Sulit dalam menjalankan aplikasi secara kompleks.
3. Tergantung pada konektivitas pada jaringan.
4. Perlu biaya yang tinggi dalam membangun suatu teknologi VDI.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Adi Kuncoro

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

metode-dalam-pemilihan-program-studi

Metode Dalam Pemilihan Program Studi

Permasalahan yang sering terjadi dalam memilih program studi adalah memilih program studi berdasarkan kemauan orang tua. Selain itu, ada pula mahasiswa yang mengikuti temannya dalam memilih

Read More »

No Comments on Fitur Virtual Desktop Infrastructure

Leave A Comment