Jenis dan Aturan Sitasi

format-penulisan-sitasi

Sitasi atau kutipan adalah semua kalimat atau paragraf yang bukan berasal dari ide atau tulisan kita. Kalimat atau paragraf ini berasal dari tulisan orang lain yang didapatkan melalui buku, artikel, atau ditemukan secara online maupun elektronik. Terdapat beberapa jenis dan aturan dalam melakukan sitasi.

Apa Saja Jenis Sitasi Atau Kutipan Itu?

Kutipan memberikan informasi kepada pembaca. Terkait informasi tentang penulis dari karya disitasi, judul karya, nama dan lokasi penerbitan, tanggal dan tahun terbitan serta halaman disitasi. Jenis-jenis dari sitasi atau kutipan yaitu sebagai berikut:

1. Kutipan Tidak Langsung

Mengambil ide orang lain, kemudian merangkainya dengan kalimat sendiri. Kutipan tidak langsung adalah kutipan dengan mengutip kalimat kembali dengan cara mengubah atau meringkas kalimat dari sumber aslinya. Tetapi tidak menghilangkan makna murni dari sumbernya. Memiliki ciri-ciri yaitu: mengalami suatu perubahan yang jelas pada kalimat teks yang dikutip. Ide pikiran atau pendapat yang dikutip tidak mengalami perubahan. Dijabarkan sesuai pemahaman penulis terhadap teori atau kalimat yang ingin dikutip. Tidak ada nomer kutipan tanpa tanda petik dua diakhir kalimat.

2. Kutipan Langsung

Menulis ulang ide orang lain sesuai dengan aslinya. Kutipan langsung adalah mengutip kalimat tanpa mengubah dari sumber aslinya. Kutipan langsung terdiri dari kutipan langsung panjang (block quote) dan kutipan langsung pendek.

manajemen-sitasi

Sitasi memiliki format penulisan yang sudah diakui internasional. Ada banyak jenis format penulisan sitasi. Berikut beberapa di antaranya yaitu APA, MLA, IEEE, CHICAGO, HARVARD, dan Turabian. Format penulisan kutipan dan daftar pustaka pada perguruan tinggi (universitas) biasanya APA/MLA, sementara untuk perguruan tinggi (institusi) menggunakan IEEE.

Bagaimana Aturan Dalam Melakukan Sitasi Atau Kutipan?

Kita tidak boleh sembarangan dalam mengutip sesuatu. Oleh karena itu, ada beberapa
aturan sitasi. Aturan dari sitasi atau kutipan yaitu sebagai berikut:
1. Format penulisan sumber kutipan dan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ilmiah adalah wajib sama
2. Nama penulis/pengarang yang anda tuliskan di sumber kutipan juga wajib dituliskan dalam daftar pustaka sebagai kata pertama
3. Penulisan sumber kutipan berada di dekat teks kutipan. Penulisan daftar pustaka berada dihalaman paling belakang dengan baris kedua dan seterusnya menjorok masuk 1 cm dari batas margin kiri. (format APA & MLA)
4. Gelar kebangsawanan ataupun gelar akademik tidak dituliskan dalam sumber kutipan dan daftar pustaka

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Citra Dewi Fortuna Djuandi, Ricka Maulida, & Nahda Khoirunnisa

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

metode-dalam-pemilihan-program-studi

Metode Dalam Pemilihan Program Studi

Permasalahan yang sering terjadi dalam memilih program studi adalah memilih program studi berdasarkan kemauan orang tua. Selain itu, ada pula mahasiswa yang mengikuti temannya dalam memilih

Read More »

No Comments on Jenis dan Aturan Sitasi

Leave A Comment