Perbandingan Web Server Populer NGINX Dengan APACHE

perbandingan-web-server-populer-nginx-dengan-apache

NGINX adalah perangkat lunak server web open source populer yang dapat digunakan untuk melayani halaman web. Bertindak sebagai proxy terbalik, memuat permintaan HTTP, dan bertindak sebagai proxy email. NGINX awalnya hanya menangani lalu lintas HTTP. Hingga saat ini, jumlah koneksi server web telah meningkat. Apache adalah perangkat lunak server web sumber terbuka dan gratis yang memungkinkan pengguna mengunggah situs web ke internet. Server ini adalah platform populer untuk hosting situs web, dengan nama resmi Apache HTTP Server. Disini kita akan membahas perbandingan web server populer NGINX dengan APACHE.

Apa Saja Perbandingan Antara Web Server Populer NGINX Dengan APACHE?

Pengaturan sistem Nginx dapat mencakup pengaturan lanjutan yang membuat situs web yang kita miliki lebih menarik untuk dikunjungi. Nginx memiliki kebutuhan memori yang lebih kecil daripada Apache, artinya dapat berjalan lebih efisien. Umur panjang server Apache berarti ada lebih banyak dokumentasi yang tersedia. Nginx adalah server multitasking karena beroperasi berdasarkan pemrosesan berbasis peristiwa, artinya meskipun ada permintaan baru, server tidak akan memproses pekerjaan. Server Apache bekerja berdasarkan prinsip penjadwalan berbasis proses, yang berarti hanya akan memproses permintaan jika ada.

perbandingan-web-server-populer-nginx-dengan-apache

Nginx telah digunakan di masa lalu untuk menangani dokumen statis, tetapi sekarang juga digunakan untuk berbagai tugas lainnya. Aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja situs web termasuk proxy terbalik, penyeimbang beban, proxy email, dan cache HTTP. Apache dapat digunakan di hampir semua sistem operasi. Secara statistik, sebagian besar produk Apache digunakan di Linux dan hadir di 46% situs web di seluruh dunia. Arsitektur Apache memungkinkan banyak fleksibilitas dan kesederhanaan, yang menjadikannya pilihan populer bagi administrator.

Apa Saja Kelebihan Dari Web Server Populer NGINX Dengan APACHE?

NGINX menawarkan arsitektur asinkron dan berbasis peristiwa. Memiliki arsitektur ini menjadikan NGINX salah satu server dengan kecepatan dan skalabilitas terbaik. NGINX adalah pilihan server web yang populer karena cepat dan dapat menangani banyak lalu lintas. Apache adalah salah satu server web tertua dan terpopuler, dirilis pada tahun 1995. Ini dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation, dan telah menjadi perangkat lunak server terkemuka untuk Internet. Web server yang paling populer dan umum digunakan pada server hosting adalah Apache. Kelebihan web server populer NGINX dengan APACHE, yaitu sebagai berikut:

1. Kelebihan Apache

Bersifat gratis, fitur yang menarik, kompatibilitas tinggi, dan technical support yang baik.

2. Kelebihan Nginx

Konsep kerja, pengelolaan, penanganan permintaan klien, dan single thread.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Syafrie Syamsudin

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

metode-dalam-pemilihan-program-studi

Metode Dalam Pemilihan Program Studi

Permasalahan yang sering terjadi dalam memilih program studi adalah memilih program studi berdasarkan kemauan orang tua. Selain itu, ada pula mahasiswa yang mengikuti temannya dalam memilih

Read More »

No Comments on Perbandingan Web Server Populer NGINX Dengan APACHE

Leave A Comment