Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi

sistem-pendukung-keputusan-pemilihan-program-studi

Proses dalam memilih program studi ketika hendak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi merupakan proses yang rumit. Kesalahan dalam memilih program studi dapat berakibat fatal bagi mahasiswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Mengulang banyak mata kuliah dan depresi adalah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan. Oleh karena itu, kita memerlukan informasi serta rekomendasi yang cepat dan akurat dalam menentukan program studi. Teknologi menawarkan solusi dari permasalahan ini melalui Decision Support System (DSS). Disini kita akan membahas sistem pendukung keputusan pemilihan program studi.

Apakah Sistem Pendukung Keputusan Itu?

Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang membantu kita dalam menganalisis data, memodelkan suatu keputusan. Mengorientasikan perencanaan di waktu yang akan datang, dan berorientasi pada sebuah pendukung keputusan. Decision Support System memiliki komponen-komponen di dalamnya, yaitu data management, model management, communication, dan knowledge management. DSS memiliki beberapa tahap, yaitu intelligence, design, choice, dan implementation. DSS berfungsi untuk membantu kita dalam mengambil keputusan dari berbagai permasalahan. Selain itu, DSS juga mampu meningkatkan efisiensi dari keputusan tersebut dan memprosesnya menjadi sebuah informasi.

sistem-pendukung-keputusan-pemilihan-program-studi

Kebingungan dalam memilih jurusan sering kali terjadi pada setiap mahasiswa. Banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kita ketika hendak memilih jurusan. Banyak kriteria yang harus kita pertimbangkan. Tidak hanya minat, bakat, dan kemampuan kita, tetapi juga biaya, fasilitas, kualitas, serta akreditasi dari jurusan tersebut. Kita harus melakukan riset secara mendalam terhadap jurusan yang ingin kita tuju agar tidak salah dalam memilih jurusan. Kita harus mengetahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada, apa yang dipelajari dalam jurusan tersebut. Prospek kerja dari jurusan tersebut, dan hal-hal penting lainnya. Untuk memudahkan proses ini, kita memerlukan bantuan dari teknologi. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah salah satu solusi yang teknologi tawarkan. AHP membuat keputusan berdasarkan empat faktor, yaitu fasilitas, kualitas, biaya, dan akreditasi.

Metode Apa Yang Diterapkan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Program Studi?

Analytical Hierarchy Process (AHP), yaitu sebuah metode pendukung keputusan. Metode ini memiliki kelebihan, yaitu membuat masalah kompleks menjadi suatu hierarki yang lebih mudah untuk dimengerti. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan, yaitu bersifat subjektif karena masukan utama dari metode ini berdasarkan dari pemikiran seorang ahli. Hasil bisa menjadi salah jika ahli tersebut melakukan kesalahan. Tahapan dari metode ini adalah menyatakan masalah, membuat solusi dari masalah tersebut, dan membuat hierarki yang dimulai dari tujuan utama.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Citra Dewi Fortuna Djuandi, Ricka Maulida

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

paradigma-sistem-kecerdasan-buatan

Paradigma Sistem Kecerdasan Buatan

Seiring berkembangnya zaman, terdapat salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat salah satunya ialah sistem kecerdasan buatan. Ada banyak sekali sistem kecerdasan buatan yang berkembang

Read More »

No Comments on Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi

Leave A Comment