Teknik Kecerdasan Buatan Pada Multiplayer Online Battle Arena

teknik-kecerdasan-buatan-pada-multiplayer-online-battle-arena

Gaya permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dipilih hanya karena baru-baru ini menjadi salah satu genre game 3D paling populer. Proses pengembangan game ini bisa sangat memakan waktu dan membosankan. Aplikasi Engine Game pihak ketiga seperti The Unity Engine Game atau CRYEngine biasanya digunakan untuk mengembangkan game. Alasan, Unreal Engine 4 (UE4) digunakan untuk mengembangkan uji coba lingkungan permainan yang digunakan selama evaluasi teknik. Disini kita akan membahas teknik kecerdasan buatan pada multiplayer online battle arena.

Genre Permainan Apa Saja Yang Digunakan Dalam Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)?

Permainan gaya MOBA umumnya terletak di dunia 3D. Dan melibatkan dua tim lawan yang keduanya terdiri dari beberapa karakter (yaitu agent) dan struktur. Tujuan dari masing-masing tim untuk mengalahkan struktur inti dari tim lawan yang teletak di ujung dunia yang berlawanan. Struktur inti setiap tim terhubung ke jalur yang dikenal sebagai lanes. Setiap lane berisi sejumlah struktur milik masing-masing tim. Karakter dalam permainan dapat terlibat satu sama lain. Baik dalam pertempuran jarak jauh atau jarak dekat untuk maju ke lane tertentu dan mencapai struktur inti musuh. Karakter dan tipe struktur dalam permainan multiplayer online battle arena yaitu sebagai berikut:

1. The hero Character atau karakter pahlawan

Kelas utama dalam MOBA. Karakter-karakter ini dapat dikendalikan oleh manusia atau computer dan akan menjadi focus utama. Karakter-karakter ini mampu meningkatkan kekuatan saat permainan berlangsung. Ini dilakukan dengan mendapatkan experience points (poin pengalaman) yang berkontribusi pada kekuatan mereka.

2. The lane character atau karakter jalur

Karakter yang dikendalikan computer yang membantu karakter hero dalam menyelasaikan tujuan.

3. The neutral character atau karakter netral

Karakter yang ada untuk memberikan sumber pengalaman kepada karakter hero. Mereka bukan milik tim tertentu.

4. The tower structure atau struktur menara

Strutur pertahanan yang merupakan tujuan yang harus dihancurkan oleh tim musuh sebelum menghancurkan struktur inti.

5. The core structure atau struktur inti

Struktur pasif yang menjadi tujuan utama tim musuh.

teknik-kecerdasan-buatan-pada-multiplayer-online-battle-arena

Setiap agen dapat bergerak di seluruh dunia untuk memastikan lokasi dan melibatkan agen atau struktur lain dalam pertempuran. Pertarungan dasar terbatas pada serangan jarak jauh atau jarak dekat. Namun hero memiliki kemampuan khusus tertentu yang dapat merka gunakan untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Bagaimana Skenario Permainan Yang Ada Dalam Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)?

Skenario permainan MOBA dapat diimplementasikan menggunakan Unreal Engine 4. Hal ini digunakan untuk menganilisi dan mengevaluasi teknik control perilaku tertentu, yaitu sebagai berikut:

1. Dua tim masing-masing berisi satu pahwalan dengan kemampuan khusu yang sama. Seorang pemain manusia dapat memilih salah satu tim untuk bergabung.
2. Setiap tim memiliki tiga struktur: dua struktur menara dan satu struktur inti. Struktur Menara muncul di sepanjang lane.
3. Peta MOBA sederhana yang terdiri dari satu jalur dan dirancang hanya untuk dua karakter hero. Jalur tunggal melintasi pusat dunia dengan struktur inti tim di setiap ujungnya.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Fadlan Amir Furqon, Muhammad Ferdi Irawan Siregar

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

paradigma-sistem-kecerdasan-buatan

Paradigma Sistem Kecerdasan Buatan

Seiring berkembangnya zaman, terdapat salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat salah satunya ialah sistem kecerdasan buatan. Ada banyak sekali sistem kecerdasan buatan yang berkembang

Read More »

No Comments on Teknik Kecerdasan Buatan Pada Multiplayer Online Battle Arena

Leave A Comment