Virtual Desktop Infrastructure

virtual-desktop-infrastructure

Di era teknologi saat ini dengan adanya virtual desktop infrastructure, kita mudah membuat komputer secara virtual sebanyak yang kita butuhkan. Dengan adanya layanan yang disediakan dapat menghemat dalam perawatan baik hardware maupun software dibandingkan jika kita harus membangun PC sendiri.

Bagaimana Mengimplementasikan Teknologi Virtualisasi Pada Komputer?

Virtual Desktop Infrastructure (Infrastruktur Virtual Desktop) merupakan perkembangan teknologi komputasi menggunakan konsep penggunaan client server untuk memisahkan desktop dengan CPU. Definisi lain dari VDI adalah teknologi yang memanfaatkan penggunaan mesin virtual untuk melayani dan mengelola desktop pengguna secara virtual. Konsepnya adalah lingkungan server yang secara hardware, memory dan processor besar akan dibuat dalam menjadi lingkungan virtualisasi. Sehingga memungkinkan untuk membentuk virtualisasi desktop dengan jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pengguna. 

fitur-virtual-desktop-infrastructure

Dalam aplikasi ini, sistem VDI berjalan pada mesin virtual di pusat data dan proses ini disebut juga sebagai komputasi server. Dalam model VDI ini, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi atau menjalankan virtualisasi desktop, termasuk virtualisasi perangkat keras dan perangkat lunak. Menggunakan teknologi VDI, hypervisor menggabungkan beberapa server ke dalam mesin virtual kemudian dapat digunakan pengguna secara virtual dari perangkat apapun. Semua pemrosesan berlangsung di server host dan pengguna terhubung ke desktop virtual melalui connection broker – gateway. Connection broker – gateway adalah gerbang perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server.

Apakah Manfaat Dari Infrastruktur Desktop Virtual?

Infrastruktur Desktop Virtual atau VDI, memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan model tradisional lainnya. Ini berarti bahwa komputer bekerja secara independen dari sistem operasi dan aplikasinya. Virtualisasi ini meningkatkan integritas data pengguna karena semua data disimpan, dipelihara, dikelola, dan terjaga baik serta terpusat di pusat data. Beberapa manfaat dari Infrastruktur Desktop Virtual, sebagai berikut:

1. Akses jarak jauh

Semua pengguna VDI, mereka dapat terhubung ke desktop virtual dari mana saja atau dari perangkat apapun. Membuatnya mudah untuk mengakses dan bekerja dengan semua file dan aplikasi mereka.

2. Hemat biaya

Dengan VDI, pemrosesan dilakukan di server dan pengguna dapat mengakses dari perangkat keras lama tanpa harus membeli perangkat keras baru.

3. Keamanan terjaga

Menggunakan VDI berarti bahwa data berada di server, bukan di perangkat pribadi pengguna. Untuk melindungi data diri dari kejadian berbahaya seperti pencurian laptop atau masalah komputer lainnya.

4. Manajemen terpusat

Format VDI terpusat ini memungkinkan seorang IT untuk dengan mudah mengelola atau mengkonfigurasi desktop virtual pada sistem.

https://ittelkom-jkt.ac.id
https://bit.ittelkom-jkt.ac.id

Credit to: Adi Kuncoro

JAKARTA BARAT WEATHER

Artikel
Lainnya

metode-dalam-pemilihan-program-studi

Metode Dalam Pemilihan Program Studi

Permasalahan yang sering terjadi dalam memilih program studi adalah memilih program studi berdasarkan kemauan orang tua. Selain itu, ada pula mahasiswa yang mengikuti temannya dalam memilih

Read More »

No Comments on Virtual Desktop Infrastructure

Leave A Comment